May 16th, 2016

20 Tahun Kapal Kecil Mengarungi Samudera

Poster by Alit Ambara

Poster by Alit Ambara

Navicula berarti “Kapal Kecil” dan industri musik ini ibarat “Samudera” yang penuh dinamika. Apa yang membuat kapal kecil ini bisa bertahan lama mengarungi samudera adalah kecintaan kami terhadap musik. Kami juga tumbuh bersama di band ini sejak masih di SMA. Sejak 1996 silam. Jadi chemistry ini sudah terjalin lama.

Kami adalah penggila musik. Susah dibayangkan apabila kami dijauhkan dari musik, yaaa Tuhan…amit-amit… jangan sampai deh… kita nggak bisa hidup dengan bahagia tanpanya. Ada nggak ada uang, terkenal nggak terkenal, masuk majalah Rollingstone atau masuk majalah Liberty, rekaman di Hollywood atau rekaman di kandang babi, kami memang akan terus main musik. Ini adalah hobi, ini adalah kegemaran, ini adalah asupan nutrisi untuk jiwa kami…ya, ini adalah hidup kami.

Bertahun-tahun bertahan di industri musik, kita belajar bahwa yang bertahan lama dan tetap bangga pada apa yang mereka buat adalah mereka yang menjaga keseimbangan antara passion, idealisme, kreativitas, dan entrepreneurship.

Di samping kami bersenang-senang dengan musik, kami juga tertarik pada isu-isu dan tema-tema sosial dan lingkungan. Ya, benar… kami adalah individu-individu yang peduli. Peduli terhadap kualitas kehidupan. Kita ingin hidup layak. Hidup layak menurut kami adalah terlindunginya hak asasi, terpenuhinya kebutuhan primer yang sehat, kualitas lingkungan yang baik, serta kondisi yang damai, makmur, harmonis, dan keadilan sosial bagi seluruh manusia. Kami selalu bersemangat untuk menjadi bagian dari kolaborasi global demi hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan lingkungan yang lebih baik. Komplit lah, tema yang kami hormati ini kami gabungkan saja dengan musik rock yang kami cintai. Sambil menyelam minum arak. Kami akan tetap memakai konsep ini di sebagian besar karya kami. Kami yakin Anda pun peduli hal ini…. Inilah maksudnya kolaborasi. Menurut kami di jaman sekarang ini, apapun profesimu, kita semua harus peduli pada isu lingkungan dan sosial, karena kontribusimu secara lokal akan mempengaruhi global.

Mengapa bisa awet 20 tahun? Resep manjurnya adalah: Jangan bubar!

Bikin band ibarat menikah, jadi bukan hanya karena kita memiliki pasangan yang pas aja yang membuat rumah tangga itu bertahan, tapi juga kemampuan untuk menerima kekurangan dan belajar dari kelebihan yang lain. Selalu ada suka dan duka. Sekarang adalah bagaimana kita hadir untuk berbagi tawa dan juga tetap setia hadir untuk airmata. Masalah dalam rumah tangga pasti ada, dan kedewasaan adalah tentang bagaimana kita mengatasi masalah tersebut. Orang dewasa adalah orang yang menghadapi dan menyelesaikan masalah, bukan kabur menghindarinya atau membebankan ke orang lain. Itu esensi untuk menjaga sebuah hubungan, dan itulah kedewasaan menurut kami. Turning problems into solutions! Turn nothing into something!

Agar tak menjadi batu seperti Malin Kundang, si fanatik fundamentalis, si biji lupa kulit keriputnya, sedikitpun kami tak pernah lupa dan durhaka, bahwa kami ada dan menjadi seperti sekarang ini juga berkat dukungan dari keluarga, teman-teman, dan jaringan komunitas kreatif yang kami cintai. Apa yang kami capai adalah pencapaian kalian juga. Terima kasih!

Syukur kami panjatkan atas nikmat bermusik ini! – Gede Robi, Mei 2016 

  • Dika Mar Yasa

    Happy Birth Day Navicula, #Grunge

  • Fajrin Hakim

    tetap lah jadi panutan dan tetap suarakan kedamaian dan keselarasan, panjang umur bli Navicula!

@naviculamusic

for booking/press contact

E-mail: hello@naviculamusic.com
Mobile: +6281 2365 55790
logo-nvcl-circle

©  Copyright 2016 - www.naviculamusic.com // web: www.idixora.com