Berita Pers: Salto, Seattle Sound, & Religion

Written by Lakota on . Posted in News

NAVICULA ~ SALTO
Passion is the Religion

Berita Pers
Ditulis oleh Rudolf Dethu

“Pesan utama dalam album ini adalah: ‘Selamatkan diri kita dari diri kita sendiri’. Mungkin terdengar agak pesimis, tapi sudah saatnya kita membayar apa yang kita perkosa dari alam. Masalah yang timbul adalah masalah kita semua dan penyelesaiannya hanya bisa dengan kepedulian bersama”

Introduksi Robi, sang biduan, mengenai rilisan terbaru Navicula.

Salto, tajuk yang dipilih oleh kongegrasi Grunge asal Bali ini, merupakan album ke-6 mereka semenjak berdiri pada tahun 1996. Manuver jungkir balik, gerakan berputar 360 derajat yang dipakai sebagai titel tersebut, merujuk pada sebuah siklus penuh Navicula yang telah koprol-kayang-centang perenang lebih dari 1 dasa warsa. Serta sejak awal hingga kini serius lagi religius menegakkan kebenaran yang teguh diyakini, bahwa—wahai hulubalang Seattle Sound camkan sabda berikut—aktivitas membikin musik dan berkesenian adalah ultra signifikan, nomor wahid, segalanya. Plus passion dalam menggarap album paling mutakhir ini sama saja seperti ketika menggarap album paling mula. Nyala semangat setara gigantiknya. Lalu subjek lain—semisal mengikuti trend dan/atau menjadi mesin industri musik komersial—adalah sekunder, inferior, subordinat, nomor ke sekian. Peduli setan.

salto-webPada karyatama bermuatan 13 lagu + 1 bonus track yang direkam di studio Antida, Bali; dan di-mixing/mastering di studio Palu, Jakarta; ini Robi (vokal), Dankie (gitar), Made (bas), serta Gembull (drum), bereksperimen dengan tembang-tembang keras yang lebih “bernyanyi”, cenderung bersenandung. Namun benang merah emosi, aransemen, pula tekstur suara tetaplah khas Navicula: gusar, gerah, mentah, kasar, indah.

Pun di perkara lirik, tema yang dikibarkan masih setia pada khitah yaitu topik “hijau” alias lingkungan hidup + budaya, senantiasa kritis pada isu sosial, pantang menyerah mengkampanyekan semangat cinta, kebebasan, dan gigih mendukung perdamaian global.

Simak Pantai Mimpi, contohnya. Sebuah komposisi yang menangisi degradasi pantai di Bali Selatan, Dream Land, yang dulunya amat kondang saking rupawannya:
…Mentari kan berlalu
Langit kelam seperti hatiku
Yang tersisa cakrawala
Jadi saksi serakahnya kita
Wariskan berjuta tanya

Pantai mimpi
Tinggal sejarah…

Atau simak gita andalan, Menghitung Mundur, yang bicara tentang bumi menuju akhir jaman, rumor dunia bakal kiamat pada 2012, dimana sebaiknya dihadapi dengan membuka mata hati, selain juga mengendalikan keserakahan indria. Sementara Kau Datang mengapresiasi tulusnya cinta nan penuh maaf. Yang pasti, bineka pokok pikiran dari “agama” Navicula tertuang gamblang di sekujur album.

Green Grunge Gentlemen datang, salto, dan menang!

“Banyak yang bilang musik kita melawan trend yang ada sekarang. Kita pikir, bukankah musik Rock itu memiliki jiwa perlawanan? Dengan sadar kita mengambil keputusan untuk tetap berkarya sesuai dengan hati aja.Kita nge-band karena kita memang suka musik. Kita kaum oposisi yang ingin memberi warna alternatif pada industri musik mainstream lokal”

————————————————————————

Agenda Perayaan Penerbitan “Salto”:
16 Juni 2009 - Fame Station, Bandung
18 Juni 2009 – Eastern Promise, Kemang, Jakarta
20 Juni 2009 - Tempo Cafe, Utan Kayu, Jakarta
21 Juni 2009 - Jogja (TKP akan menyusul diumumkan)
22 Juni 2009 - Pesta Partikelir *private party, mind you*, Solo
23 Juni 2009 – Matchboxx, Surabaya
28 Juni 2009 - She Cafe, Malang

navicula-jkt-gig-poster-web

Tags: , , , , , , ,

Trackback from your site.

  • dian hadi

    Halo Navicula dan Lakota!
    Akhirnya lahir sudah SALTO ke muka bumi, bagaimana bentuknya/feelnya?!….serasa berdesir aku sudah bisa rasakannya kawan! sebentar lagi terjawab! Kalo sudah dalam genggamanku tentunya…sudah tak sabar!!! mulai kapan dan dimana nih aku bisa membeli CD nya?
    Sekali lagi Congratulation! Perjuangan kalian kita sambut gegap gempita. Moga Berjaya di ranah Jawa Dwipa…Salam untuk Arek-arek Ngalam (Malang) khususnya…!.Robi, Lakota akhirnya kesampaian juga kalian maen ke Malang…Jgn sungkan2 langsung Hajar aja!…Publik Malang pasti Terpana oleh Performa n inner music kalian. Bravo Grunge! Aku tunggu launching album kalian di denpasar. Salam Hangat

  • http://rippo.multiply.com rippo

    thx for the show brothers…
    meskipun malam itu fame station “kurang panas” ya…
    tp terimakasih karena telah menyuguhkan performa yang selalu apik…
    sampai ketemu di aksi yg lain…

    sukses turnya…
    bersulang…

  • e_leng

    Asiiikkk,….
    perform kalian sangat bagus kemaren d fame ststion,
    ng”Grungs” abizzz,…
    thanks bgt buat navicula, ak menikmatinya….
    truz, ak tunggu kedatangan kalian berikutny d bdg…!?

    sukses buat launcing albumny,…

  • http://poetjazz.multiply.com Putu

    tadi malam mantep banget mainnya…
    untuk pertama kalinya gw bisa nonton navicula…malam yang patut dikenang..
    semalem pengen dengerin ubud dimaenin live, tapi kata robi ubud hanya dimaenin di bali hehe,…
    mudah2an bisa nonton navicula main akustikan besok..
    oh iya, sayang merchandisenya cuma dikit…gw kehabisan kaosnya…
    ada lagi gak?

    sukses selalu navicula..

  • bayu

    di tunggu launchingnya d Bali…
    klo bs launching j di ozigo ubud

  • nicho

    Salut buat robi cs.. manggung di granat perfect biarpun cuma 4 or 5 lagu doang but menyihir penonton ampe minta tambah lagi hihi…pantai mimpi is good song, and suram wajah negeri keren abis.
    sukses buat navicula biar menjadi inspirasi anak cucu di bali

  • Robi Navicula

    Yeah… bro, thanks so much respon dan supportnya.
    Omong2 tgl 1 – 10 Agustus kita bakal ada di Bandung dan jakarta lagi.
    Hope to see you guys there ya.
    Keep the rock rolling!

  • http://www.myspace.com/novaabdillah Artzex

    I’ve got the CD and Poster too! ;D

    Passion! Concern! Satisfaction!

    keep it up guys!

  • SAIFUL

    mas saya penggemar navicula yang masih baru…aku kok susah ya cari kasetnya navicula yang dari album pertama sampai albm plng bru ini “salto”. aku tinggal di Semarang mas. tolong kasih tau saya ya mas…kapan2 konser di Semarang dong. tetap berkarya, GRUNGE NDAK MGKIN MATI!!!

  • http://www.naviculamusic.com Lakota

    @Saiful: sementara semua album Navicula, kecuali Salto sudah habis stocknya (mungkin Alkemis masih dijual sama SonyBMG, tapi kurang tahu didistribusikan kemana aja). Salto dijual di semua outlet disctarra, dan di Semarang juga tersedia di “Districtsides Distro”…

    Oh ya, beberapa track lama dari Navicula jg bisa didengar di http://www.myspace.com/naviculabali
    Hope Navicula can play in Semarang again soon :)