Earth Day Festival Ubud 2009

Written by Robi on . Posted in News

Kriiiiiiiiing!!!!… Alarm sialan, bikin kaget aja…but, hey thanks…udah bangunin!
Lagi pake handuk mau ke kamar mandi, Sinta dan kawan-kawan dari Dewata TV uda pada siap di beranda rumah buat ikutan bareng ngeliput Festival Earth Day.

Acara benernya mulai siang nanti, jam 2, Tapi karena saya adalah salah satu panitia (Stage Manager) di acara ini, harus sudah ada divenue pagi-pagi buat memastikan panggung, tenda, soundsystem, lighting, Screen+projector, dan Generator sudah siap dipasang dan berfungsi dengan maksimal di acara ini.

Kids playground

Kids playground

Nyampe di venue langsung berjemur di bawah terik matahari, memimpin para kru lapangan menyiapkan segala sesuatu. Targetnya biar jam 1 semua udah ready.
Yeah… sedikit telat, jam 1:10 listrik, dll baru nyala, karena sedikit ada kendala posisi genset yang lumayan jauh dari venue.  Yahhh…berlumpur rialah kita, menyalurkan kabel listrik yang beratnya berpuluh-puluh kilogram, menyebrangi kolam lumpur di sawah yang baru seminggu ditanami padi sambil bernegosiasi dengan  Pak Pecalang, polisi adat desa setempat agar diijinkan memarkir truk genset di sebelah Pura keramat yang disucikan masyarakat setempat. Maklum lah, kita ngadain festivalnya di sawah-sawah, tepatnya di sebelah Pelangi School, sebuah sekolah alternatif, buat semua anak dari bermacam latar belakang. Fiuuhh…untung ngaretnya nggak terlalu lama, karena box-box pendingin ice cream udah pada berdatangan dan akan meleleh kalau nggak segera didinginkan.

Niza & Stirling

Niza & Stirling

Dalam sekejap, festival langsung dipenuhi para hippies beraneka-warna, ada tempat bermain anak-anak, lengkap dengan panggung kecil dan api unggun di sudut selatan, pojok lukisan di sudut tenggara lengkap dengan bola dunia dari bahan daur ulang yang bisa diwarnai oleh siapa saja, entrance ada di sudut utara dimana pengunjung bisa memberi sumbangan sukarela buat acara ini, dan tengah-tengah venue dipenuhi oleh aneka rupa stand makanan dan minuman organic dan vegetarian, serta bermacam natural merchandise, art exhibition, tree planting dan demo martial art.  Kalau mau alkohol, jangan kuatir… ada stand beer, wine, liquer & aneka mix/cocktail!

Baldy & the Sleeping Giant Baldy & the Sleeping Giant

Panggung utama sendiri berada di sisi timur, menghadap ke barat yang diisi oleh bermacam performer dari berbagai belahan negara, antara lain: Sibo Bangoura (African Drums & Dance), Susu Ibu (Tribal), Zen Lemonade(Asian Breakbeats), Akim Funk Buddha (New York), bKb(Zimbabwe fushion), DJ David Hikari (New Zealland), DJ Lockland (San Fransisco), DJ Supercozi (Japan), dan band-band tuan rumah seperti Planet Bambu (fushion), Baldy & The Sleeping Giant (Folk-Blue Grass- Celtic), dan Navicula (Grunge/psychedelic) yang kali ini tampil unplugged dengan lagu-lagu yang diaransemen ulang.

Navicula unplugged

Navicula unplugged

Acara ini mengingatkan kita bersama untuk lebih eling dan sayang sama planet kita yang semakin renta ini. Semoga kita tidak hanya sadar lingkungan pada hari ini saja, tetapi sadar di setiap nafas hari-hari kita…, pada apa yang kita pikir dan lakukan tiap hari. Bumi ini adalah macro-cosmic dan tubuh kita ini adalah micro-cosmic, berbahan sama, dan merefleksikan satu sama lain.  Percayalah, apa yang kita buat pada bumi akan bereaksi pula terhadap tubuh kita. Begitu pula sebaliknya.
Earthday is Everyday!

Acara kelar jam 1.20 dini hari, beres-beres alat-alat panggung, pulang…dan tidur jam 4 subuh!
Letih banget…tubuh seperti habis di-gangbang satu kampung! Kerja keras 2 hari estafet. Untuk badan saya yang udah diforsir kerja, saya berjanji dalam hati akan membayarnya; besok saya akan bangun siang di desa Nyuh Kuning-Ubud nan permai, mematikan handphone, minum jus markisa yang dipetik di kebun rumah, menyeruput Café Latte & Cinnamon Roll nan nikmat di Tutmak, full body reflexology massage di Santika Spa, dan makan fresh flying burittos di Mojo!

O ya, didedikasikan untuk acara ini, Navicula punya satu lagu yang pas. Judulnya UBUD, dari album Alkemis.  Silakan mendengar dan mendownload-nya di sini.
Peace & Love for Mama Gaia, our mother earth!

Tags: , , , , , ,

Trackback from your site.