December 31st, 2015

Kabar dari Dankie di Eropa

Foto: Anton Muhajir

Kamis 3 Desember lalu, si gimbal gitaris kami bertolak ke Paris. Walaupun agak panik karena tragedi terorisme & isu susahnya dapat Schengen Visa setelah kejadian tsb, akhirnya dia bisa berangkat juga. Dankie memenuhi undangan dari teman-teman Handcrafted Films dan AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara) untuk kampanyekan pentingnya perlindungan hutan dan hutan adat di COP 21. Lebih lanjutnya bisa baca di Mongabay atau di Rolling Stone Indonesia.

Pas kami hubungi siang ini, Dankie baru bangun tidur “Di sini masih jam 7 woi. Aku ngopi dulu bentar yak,” katanya. Bali – Paris berselisih waktu 7 jam. Sejam kamudian Dankie merespon lagi lalu mengirim beberapa foto perjalanannya.

paris 9

Rute perjalanan disambi tur solo si gimbal kali ini cukup panjang. 6 hari di Paris (Prancis), 2 hari di Vienna (Austria), 3 hari di Praha (Republik Ceko), dan kini dia di Slovakia. “Sekalian jalan-jalan, kan baru pertama kali ke Eropa,” kata dia.

Duduk 21 jam di penerbangan ke Paris, dehidrasi, dan suhu Paris yang lagi 4°C bikin encok dia kumat. “Aku salah estimasi waktu. Barusan mendarat harus langsung soundcheck. Istirahat cuma 20 menit, udah langsung perform. Mustinya berangkat lebih awal,” katanya. Jetlag? Pasti!

Seperti kebanyakan orang dari negara semrawut macam Indonesia, Dankie menikmati segala keteraturan di Eropa. Hanya satu yang dia khawatirkan dengan cuaca sedingin ini; neck gitar retak. Kekecewaan lain; sampai akhir Desember begini salju belum turun! “Padahal aku nunggu-nunggu,” kata Dankie. “Biasanya akhir November udah turun salju, kata orang-orang sini. Tapi sampe sekarang belum juga. Gara-gara climate change juga kali ya?” lanjutnya.

Dan udah pasti dia pengen balik lagi ke Eropa, “Pengennya sih bisa main di Bazant Pohoda di Slovakia tahun depan!” kata Dankie. Bazant Pohoda adalah festival music terbesar di Slovakia. Pada tahun 2009 teman kami The Hydrant sudah duluan tampil di sana.

 

Good luck, Dank! Take care and have fun there!

@naviculamusic

for booking/press contact

E-mail: hello@naviculamusic.com
Mobile: +6281 2365 55790
logo-nvcl-circle

©  Copyright 2016 - www.naviculamusic.com // web: www.idixora.com