Navicula Merilis Lagu yang Direkam di Hollywood lewat Rolling Stone

Written by navicula on . Posted in News

Press Release – 1 Mei 2013

Volcom Entertainment merilis CD promosi album ke-7 band grunge asal Bali, Navicula melalui majalah Rolling Stone Indonesia edisi Mei 2013. CD ini berisi empat lagu, dua track direkam di studio Record Plant Hollywood yaitu Days of War, Nights of Love dan Refuse to Forget dan dua track direkam di Bali yaitu Harimau! Harimau! dan Bubur Kayu.

RS_mei_2013_cover

Album sampler ini juga berisi video dokumenter Navicula rekaman di Record Plant berdurasi 18 menit. Album ke-7 Navicula yang diberi judul Love Bomb dirilis sebagai double album. CD pertama berisi 5 track yang direkam di Record Plant dan CD kedua berisi 10 track yang direkam di Bali. “Volcom Entertainment mendukung promosi Love Bomb dan kebetulan dirilis bertepatang dengan edisi ulang tahun ke-8 majalah Rolling Stone,” Gede Robi, vokalis Navicula.

Judul Love Bomb diambil dari salah satu lagu yang direkam di Record Plant. “Love Bomb untuk judul album muncul belakangan, setelah melihat materi album banyak bertema cinta. Seperti harimau Sumatra yang kehilangan cintanya. bagaimana mengaktualisasikan cinta dan merebut kontrol atas diri di tengah gempuran gaya hidup yang mengangungkan kebendaan,” kata Robi.

Produser kreatif Navicula, Alain Johannes ikut mengisi instrumen gitar dan piano pada lagu Love Bomb. Alain adalah produser proyek solo Chris Cornell (Euphoria Morning), Jimmy Eat World, kolaborator di Queens of The Stone Age, Them Crooked Vultures dan proyek album dan dokumenter Sound City yang disutradarai Dave Grohl.

Navicula rekaman di Record Plant selama tiga hari pada akhir November 2012 disponsori oleh RØDE, produsen mikrofon asal Australia. Di bawah arahan Alain Johannes, Navicula yang mendapat jatah rekaman tiga lagu bisa merekam lima lagu secara live recording. Ke-5 lagu itu di-mixing oleh Alain, mastering juga dilakukan di Los Angeles.

“Lima lagu dari Record Plant adalah pencapaian teknis rekaman dengan standar industri musik Amerika dengan arahan produser kreatif berpengalaman. Kami sajikan bersama lagu-lagu yang kami rekam di Bali dengan kami sendiri yang menjadi produser kreatif. Tapi energi album ini sebuah keutuhan, kami mencintai musik, dimanapun kami memproduksinya,” kata Robi.

Lirik Days of War, Nights of Love yang ditulis oleh Kartika Jahja diinspirasi dari buku berjudul sama dari kolektif anarkis CrimethInc. Lagu Refuse to Forget didekasikan untuk upaya menolak lupa atas pembunuhan aktivis HAM Munir dan aktivis lain yang sampai saat ini belum terang kasusnya. Harimau! Harimau! lagu tentang harimau Sumatra yang kehilangan hutan rumahnya dan kini nyaris punah. Bubur Kayu tentang eksploitasi hutan Indonesia yang luasnya terus menipis akibat ekspansi perusahaan kertas dan perkebunan kelapa sawit.

Selain materi yang padat dalam double album. Love Bomb ditawarkan dengan nilai lain. Kemasan album ini tidak menggunakan material plastik. Untuk cover album, Navicula memakai material daur ulang kemasan Tetra Pak yang biasa dipakai untuk minuman, dikombinasikan dengan kertas daur ulang dan karet ban dalam bekas. Pengerjaan cover album ini dilakukan oleh Komunitas Sapu di Salatiga yang biasa mengerjakan upcycle ban dalam bekas menjadi benda dengan fungsi lain seperti tas atau dompet. “Senang bisa berkolaborasi dengan komunitas lain dalam produksi album ini. Kita sering lupa, terlalu mengagungkan do it yourself (DIY), padahal akan jauh lebih baik kalau do it together,” kata Robi.

Untuk sirkulasi album Love Bomb baru dimulai pada minggu ke-2 Mei 2013 dengan pre-order lewat website naviculamusic.com. Sebelum itu Navicula menganjurkan penikmat musik untuk menikmati sebagian materi Love Bomb dengan membeli majalah Rolling Stone edisi Mei 2013.

 

 

Tags: , , , , , ,

Trackback from your site.

  • miko

    saya ingin pre order album love bomb, mohon info caranya. thq

  • http://www agusbayu

    Beh…mesuang album, lakar beli keweh sajan….dih olas bro….link pre order sing ada….carane pre order sing ada…..jeg stres bene….sajan2 bingung kayak macan sumatra bene ne… rg order masing2 besik nah, album amerika sik album bali sik…

  • AGA

    Hallo navicula!!
    saya pesan 1 albumlove bomb nya .. mohon di respon :)

  • http://technobali.com kadex pengkolan

    Albumnya Kereen.. jadi pengen beli.
    http://www.technobali.com