April 26th, 2016

Rilis Video Kartini, Angkat Perjuangan Ibu-ibu Petani Pegunungan Kendeng

 

 

21 April kemarin, mengambil perayaan hari Kartini yang dilanjutkan dengan hari Bumi di keesokan harinya, Navicula merilis sebuah music video untuk mendukung perjuangan perempuan-perempuan yang mempertahanan kelestarian lingkungan dan masa depan Pegunungan Kendeng.

Pegunungan Kendeng merupakan kawasan karst. Terdapat banyak goa dan mata air yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk kepentingan pengairan, pertanian, pariwisata, dan kultural. Pertambangan di Pegunungan Kendeng berdampak pada rusaknya tata air karst dan ancaman risiko bencana ekologi, baik kekeringan maupun banjir bandang.

“Pembangunan tambang semen, bisa menjadi ancaman bagi identitas dan budaya asli penduduk sekitar, yaitu masyarakat petani,” tulis Robi

Navicula mulai tertarik dengan kasus ini setelah menonton video Samin vs Semen dari Watchdoc. Lalu, mengikuti beritanya via internet hingga nonton aksi #dipasungsemen.

“Kami tergerak untuk ikut berkontribusi dengan menyumbang lagu. Pas ada ide, waktu, tenaga, dan sedikit dana, kenapa tidak?” ungkap vokalis Navicula, Gede Robi.

Robi tulis lagu ini 3 tahun yang lalu tapi belum pernah di rekam. Bahkan intro gitarnya disimpan sejak 10 tahun lalu .

Disaat aksi itu kelar, Robi langsung menelpon teman di KontraS dan mengatakan bahwa Navicula punya materi lagu, yang dirasa cocok untuk mendukung gerakan para Ibu-ibu petani tersebut.

Kontras menunjukan beberapa nama kolaborator yang potensial. Ada Watchdoc, Sorge Magz, dan teman-teman videografer yang fokus di aksi sosial, salah satunya Ical Dua, video editor Kartini yang banyak menyumbang footage.

Prosesnya pembuatan musik dan video Kartini hanya 3 hari karena sudah mepet dengan keinginan untuk mengambil moment rilis di Hari Kartini.

Tanggal 19 April lagu dikenalkan ke band untuk mencari chord masing-masing dan ketukan. Dilanjutkan dengan merekam guide track.  Tanggal 20 April, rekaman di Antida Studio. Tanggal 21 April, video jadi, mixing mastering selesai, dan langsung segera dirilis hari itu juga.

Makna Kartini buat Navicula adalah perjuangan untuk kemerdekaan berpikir, gagasan-gagasan cemerlang yang lahir dari tekanan dan kungkungan. Semangat kemerdekaan yang sejati. Perjuangan untuk mencerdaskan bangsa. Perjuangan yang tak melulu dengan senjata, tapi lewat aksara. Kartini adalah seorang pejuang kesetaraan gender, simbol persamaan hak dan partisipasi perempuan di Indonesia. Inspirasi lintas zaman. Sampai kapanpun akan menjadi hal yang inspiratif.

Navicula ingin tetap melanjutkan konsep awal band ini dibuat, yaitu berkontriubsi demi kelestarian alam dan keadilan sosial bagi masyarakat Bali, Indonesia, dan dunia.

@naviculamusic

for booking/press contact

E-mail: hello@naviculamusic.com
Mobile: +6281 2365 55790
logo-nvcl-circle

©  Copyright 2016 - www.naviculamusic.com // web: www.idixora.com