Surya Reviews: Navicula Melawan Tren dengan Salto

Written by Lakota on . Posted in News

Published by: SURYA tanggal 21 Juni 2009
Tulisan oleh: Rey

NAMA grup band Navicula tentu tak asing bagi penggemar musik grunge Tanah Air. Lama berkutat di daerah asal, band dari Bali itu kini mulai bergerilya kembali menyuarakan musik yang mereka kemas dalam album terbaru Salto.

Tetap mempertahankan semangat dan ciri musiknya Navicula seolah semakin bersemangat meramaikan ranah musik Indonesia dengan gaya sendiri, tanpa mau mengekor tren yang ada. “Banyak yang bilang musik kami melawan tren yang ada sekarang. Tapi bukankah musik rock itu memiliki jiwa perlawanan?” ujar Robi, vokalis Navicula.

Ia menegaskan Navicula sebagai oposan yang ingin memberi warna alternatif pada industri musik mainstream lokal. Salto merupakan album keenam Navicula sejak berdiri di tahun 1996. Di album baru ini, Robi (vokal), Dankie (gitar), Made (bas), serta Gembull (drum) bereksperimen dengan lagu-lagu keras yang lebih ‘bernyanyi’ namun tetap memiliki benang merah khas Navicula.

Segi aransemen maupun tekstur suara yang cenderung raw dan kasar namun indah tetap ada di sana. Lirik yang diusung pun masih memiliki rasa yang sama, mengangkat pandangan kritis pada isu sosial, lingkungan hidup dan budaya, dan mengampanyekan semangat cinta, kebebasan, dan mendukung perdamaian global.

Nama album yang dipilih diartikan sebagai gambaran perjuangan Navicula yang telah jungkir balik mengarungi masa lebih dari satu dasa warsa dalam bermusik. Kata salto sendiri berarti gerakan jungkir balik atau berputar 30 derajat. “Pesan utama dalam album ini adalah selamatkan diri kita dari diri kita sendiri,” tambah Robi.

Untuk melahirkan album ini Navicula harus menyiapkan waktu khusus selama dua bulan. Album ini direkam di studio Antida, Bali dan di mixing dan mastering di studio milik Pay BIP, di Jakarta. Hasilnya, dalam bungkusan album baru para pelantun Seattle Sound itu mengenalkan 13 lagu dan satu bonus track.

Rencananya Navicula akan melauching album barunya di Surabaya Selasa (23/6). Aksi empat sekawan pada acara yang diberi title Grunge Gods National Tour “Navicula album launch! itu merupakan bagian dari rangkaian tur launching album baru mereka di pulau Jawa. 

Tags: , , , ,

Trackback from your site.

  • http://www.erickningrat.wordpress.com erickningrat

    semangat dari navicula, dan eksistensinya patut kita acungin jempol !

  • http://www.naviculamusic.com Robi

    @Erick: Thanks, brow!

  • http://halmihasibuan.wordpress.com Halmihasibuan

    Grunge takkan gentar melawan Arus
    Musik adalah tentang bagaimana kita berjuang dan mempertahankan idealisme
    Musik adalah karya seni yg mahal yg gk bisa “diperkosa” oleh orientasi pasar
    Musik akan semakin berharga jika motivasi dan semangat ada dlm setiap liriknya
    karena, bukan “pasar” yg menentukan musik itu berkualitas,